Minggu, 21 Desember 2014 22:13

KONSULTASI / PENYAKIT DALAM - ARTIKEL

KONSULTASI PENYAKIT DALAM

Bersama Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH

Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Infonesia ( PAPDI) dan Pengurus PAPDI Cabang Riau. Berminat dalam bidang Healthy Life, Healthy Aging, dan Diabetes Mellitus.

Solusi untuk Pendengkur

Sabtu, 20 November 2010 | 09:20 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA:
Saya ingin bertanya apakah ada solusi untuk saya yang mendengkur sangat keras saat tidur. Saya mengidap penyakit mendengkur saat tidur sudah sejak kecil, hingga saat ini saya masih mendengkur saat tidur. Sudah banyak cara dicoba tetapi tidak ada hasil. Saya sangat sedih ketika teman kosmengatakan tidak bisa tidur karena mendengar dengkuran Saya yang sangat keras. Apakah penyakit mendengkur ada hubungannya dengan amandel karena Saya punya amandel. Melalui ini Saya sangat mengharapkan solusi dari dokter untuk penyakit ini. Terima kasih telah membaca dan memberi solusi.
Rachel Fabiant (24) Yogyakarta

JAWAB
Wah, memang ini hal yang susah - susah gampang ya untuk mengatasi dengkuran karena ini seringkali terjadi di masyarakat. Dengkuran sendiri memang terjadi akibat aliran udara pernafasan dari paru ke luar terhambat sebagian, yang bisa disebabkan akibat adanya pembesaran tonsil (amandel), atau jatuhnya pangkal lidah ke belakang.

Jika memang terbukti karena amandel ada baiknya untuk diambil, karena sulit untuk diatasi dengan cara apapun kecuali dioperasi. Lain halnya jika dengkuran disebabkan karena jatuhnya lidah ke belakang maka ini dapat diatasi dengan tidur miring atau tengkurap. Dengkuran juga sering didapatkan pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, kecapaian, minum obat penenang dan obat tidur. Maka dari itu, konsumsi obat penenang dan obat tidur sebaiknya dihentikan untuk menghilangkan dengkuran.






Editor :
Lusia Kus Anna
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui