Kamis, 28 Agustus 2014 16:05

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

ML Tiap Hari, Apakah Hiperseks?

Kamis, 25 November 2010 | 12:26 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock
Ilustrasi

TANYA:

Dok, saya mempunyai masalah yang sedang dihadapi. Dalam hubungan suami-istri, saya sering mengalami klimaks beberapa kali, bahkan lebih dari 5 kali.
Saya melakukan hubungan suami-istri hampir setiap hari. Pertanyaan saya, apakah saya termasuk golongan yang hiperseks?

Perlu Dokter ketahui, saya pernah studi di luar negeri dan saya tidak pernah berhubungan selama 2 tahun. Akan tetapi, saya melakukan masturbasi dengan jari sendiri, Dok. Saya juga jarang menstruasi, bahkan hingga 1 tahun atau lebih karena siklus tidak lancar. Saya sudah dikaruniai seorang anak berumur 4 tahun dan sekarang saya tidak pernah ikut KB. Apakah saya termasuk normal? Dan apakah ada pengaruh akibat masturbasi? Terima kasih.

Nurul Indrawati (30), Malang, Jawa Timur


JAWAB:

Pada dasarnya perempuan dapat mencapai orgasme beberapa kali asal tetap menerima rangsangan seksual yang efektif. Jadi, normal saja jika Anda dapat mengalami orgasme beberapa kali.

Kalau Anda melakukan hubungan seksual hampir setiap hari, itu bukan berarti Anda tidak normal walaupun tidak umum terjadi setelah menikah cukup lama. Frekuensi hubungan seksual juga ditentukan oleh pasangan. Kalau pasangan menghendaki juga, maka hubungan seksual berlangsung lebih sering. Jadi, hal itu tidak ditentukan oleh salah satu pihak saja.

Mengenai masturbasi yang Anda lakukan, itu berpengaruh terhadap lebih mudahnya Anda dalam mencapai orgasme. Karena itu, mungkin, kini Anda tergolong mudah mencapai orgasme.


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui