Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Modis di Masa Subur

Kompas.com - 27/11/2010, 08:22 WIB

KOMPAS.com — Wajah yang lebih berkilau, penampilan terlihat lebih modis, bahkan timbul keinginan untuk berpakaian sedikit seksi bisa jadi itu pertanda seorang wanita sedang berada dalam masa subur.

Penelitian terbaru yang dilakukan tim dari University of Minnesota's Carlson School of Management menemukan bahwa ketika wanita sedang masa ovulasi atau masa subur, tanpa sadar mereka punya kecenderungan untuk membeli dan memakai pakaian yang lebih seksi.

Perilaku tersebut oleh para ahli diyakini sebagai insting alamiah yang dimiliki manusia sejak sebelum evolusi. "Tujuan penampilan lebih seksi tadi adalah menarik perhatian pejantan dan mengalahkan betina lain di masa subur ini," kata para peneliti.

Dr Laura Corio, pakar kesehatan menyebutkan, selama masa subur terjadi peningkatan beberapa hormon dalam tubuh wanita sehingga berpengaruh pada naiknya libido. Bahkan, menurut Corio, sebagian wanita merasakan cairan yang lebih banyak di bagian organ intimnya sehingga terasa seperti lubrikasi.

Di masa subur juga terdapat feromon. "Ada bau tubuh yang khas yang muncul di masa subur untuk menarik lawan jenis. Namun, secara umum di masa ovulasi ini perasaan wanita biasanya lebih bahagia dan nyaman akan dirinya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com