Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Anda Menjalani Tes HIV?

Kompas.com - 01/12/2010, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika Anda merasa cemas atau khawatir akan kemungkinan terinfeksi human immunodeficiency virus (HIV)virus yang menyebabkan  AIDSpenting artinya bagi Anda untuk menjalani tes atau screening sesegera mungkin.

Walaupun kemungkinan hasil positif menjadi ancaman menakutkan bagi siapa pun, Anda sebenarnya tidak perlu terlalu takut. Mengetahuinya lebih dini akan memberi keuntungan. Saat ini pasien pengidap HIV dapat hidup dengan harapan dan kualitas yang lebih baik, khususnya jika mereka melakukan pengobatan sejak dini.

Dengan memastikan apakah Anda positif terinfeksi, Anda juga dapat melakukan langkah antisipasi sehingga tidak akan menularkan virus mematikan ini kepada pasangan ataupun orang lain.

Beberapa jenis metode tes tersedia saat ini untuk mendiagnosis infeksi HIV. Ada pula tes atau screening untuk menyeleksi dan memonitor hasil pengobatan pada pasien-pasien yang positif mengidap HIV.

Lalu siapa saja yang berisiko mengalami infeksi HIV dan wajib menjalaniscreening? Inilah beberapa indikator yang dapat dijadikan ukuran apakah Anda wajib menjalani tes HIV/AIDS:

1. Anda adalah orang yang sering gonta-ganti pasangan seksual.

2. Anda melakukan hubungan seks tidak aman dengan seseorang yang berisiko terinfeksi HIV.

3. Anda menggunakan jarum suntik untuk keperluan obat, steroid, atau menggunakan jarum suntik secara bersamaan atau menggunakan alat-alat lain untuk narkoba.

4. Anda memiliki penyakit menular seksual, penyakit hepatitis, atau tuberkulosis (TBC).

5. Anda melakukan seks demi mendapatkan narkoba atau uang.

6. Anda pernah melakukan hubungan seks dengan seseorang yang memiliki salah satu dari indikator di atas—atau dengan pasangan dengan sejarah seksual yang tak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com