Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keperawanan Bukan Soal Darah

Kompas.com - 01/12/2010, 10:07 WIB

TANYA :
Dokter, saya mau tanya tentang masalah keperawanan. Kami baru saja menikah. Sebelum menikah, istri saya selalu mengatakan kalau dia itu masih perawan. Pada saat malam pertama, kami melakukan hubungan intim dan kelamin istri ternyata tidak mengeluarkan darah. Penetrasi juga berlangsung cepat, tidak sampai 1 menitan. Cuma istri agak meringis.

Akhirnya, saya tanya apakah dia pernah melakukan ini dengan pria lain sebelumnya. Jawabanya adalah ya, tapi dia juga beralasan pada waktu pertama itu tidak sampai masuk ke dalam, katanya juga sakit dan tidak berdarah. Pertanyaanya adalah berapa lama alat kelamin seorang pria bisa menembus ke vagina istri yang masih asli perawan, apakah jika baru masuk di luarnya dan belum sampai ke dalam bisa disebut masih perawan. Atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.
Hendri 37 Jakarta

JAWAB:
Istilah perawan atau tidak, tergantung apakah seseorang sudah atau belum  pernah melakukan hubungan seksual. Kalau sudah pernah, maka dia disebut tidak perawan. Sebaliknya kalau belum pernah, maka dia disebut perawan. Keluarnya darah tidak harus terjadi ketika seorang perempuan melakukan hubungan seksual pertama kali. Jadi keluarnya darah tidak dapat digunakan sebagai tanda apakah seorang perempuan disebut perawan atau tidak.        

Jadi kalau istri Anda tidak mengeluarkan darah pada malam pertama, itu wajar saja. Intinya, pernah atau tidak melakukan hubungan seksual sebelumnya. Mengenai berapa lama penis dapat melakukan penetrasi ke dalam vagina ketika pertama kali melakukan hubungan seksual, tergantung bagaimana reaksi seksual pihak perempuan, asal ereksi penis normal. Kalau reaksi seksual perempuan tidak optimal, maka penetrasi semakin sulit, bahkan terhambat. Sebaliknya, kalau reaksi seksual perempuan optimal dan ereksi penis juga optimal, maka penetrasi penis berlangsung lebih cepat, tanpa hambatan.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com