Rabu, 27 Agustus 2014 17:50

Minum 8 Gelas, Apa Harus Selalu Air Putih?

Sabtu, 4 Desember 2010 | 10:30 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Karena takut diet bakal terganggu, maka setiap kali Anda masuk ke sebuah resto, minuman yang Anda pesan adalah air putih atau mineral water. Padahal, ada alternatif minuman sehat yang bisa memanjakan lidah sekaligus teman yang pas untuk menemani waktu santai Anda di kafe. Lihat daftar menunya, lalu pilih salah satu dari minuman ini.  

Tea, Please
Terdengar biasa, tetapi khasiatnya luar biasa. Segera dapatkan manfaatnya dengan memilih jenis teh yang tepat. Segelas teh manis memang terasa pas dipadukan dengan segala jenis makanan, tapi kombinasi teh dan gula berlebih malah akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga bentuk tubuh. Sebagai alternatif yang baik, pilihlah teh-teheh ini, boleh hangat atau dingin, sesuai selera.

* Teh hijau
Satu gelas penuh teh hijau dijamin mampu membuat berat badan stabil. Biar lebih semangat meminumnya, ada baiknya kita mengingat-ingat hasil penelitian dalam Jurnal Internasional Obesitas. Dikatakan, kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya bisa mempercepat metabolisme dalam tubuh, sehingga lemak mudah terbakar. Dibanding mereka yang meminum teh biasa, Anda memiliki kemungkinan kenaikan berat badan 22 persen lebih rendah jika meminum teh ini. Belum termasuk kandungan antioksidan yang bisa mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung.

* Teh hitam
Sebagai variasi, cobalah mengganti kebiasaan menyeduh kopi di pagi hari dengan menyeduh teh hitam. Kandungan kafein yang dimilikinya ternyata mampu membuat Anda "melek" dan bersemangat layaknya minum kopi. Bedanya, teh hitam memiliki manfaat yang jauh lebih hebat, khususnya untuk Anda. Pasalnya, mengkonsumsi teh ini secara rutin bisa menurunkan risiko kanker kulit sampai dengan 30 persen. Itu berkat kandungan flavonoid dan antioksidannya yang tinggi, disamping bisa menjaga keindahan kulit. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan tubuh sehat serta kulit halus.

* Teh bunga kamomil
Kealamian teh kamomil akan Anda rasakan dalam secangkir air hangat dan tanpa gula. Jika ada, pilihlah teh yang disuguhkan bersama dengan bunga aslinya, sungguh nikmat. Hirup keharumannya sesaat sebelum diminum. Aromanya bisa sedikit mengurangi keinginan untuk makan banyak, disamping bisa menurunkan tingkat stres. Seperti yang dilaporkan dari University of Pennsylvania, satu cangkir tehini bisa memperbaiki mood mellow pada malam hari. Cocok, kan, untuk diminum sepulang kantor sambil sedikit bersantai?

Fresh Juice Looks Yummy...

Sehat juga, tentunya. Tapi jangan asal pesan jus ini atau itu, walau semua buah sehat, tak semua buah bisa dijadikan alternatif pengganti air putih. Anda bisa memesan beberapa jenis jus ini dengan sedikit permintaan, "gulanya satu sendok saja, ya!"

* Jus jeruk atau perasan jeruk asli?
Kalau memilih untuk menyantap seporsi burger atau pizza, ada baiknya memilih jus jeruk. Ini berkaitan dengan hasil studi yang terdapat dalam The American Journal on Clinical Nutrition. Hasilnya menunjukkan kalau makanan cepat saji yang dipadukan dengan segelas jus jeruk murni bisa menurunkan risiko perusakan arteri dalam darah akibat radikal bebas dibandingkan dengan air putih. Rahasianya ada pada tingginya kandungan antioksidan pada buah jeruk yang mampu melindungi jantung dari peradangan.

* Jus cranberry
Cuaca yang tak menentu seakan memaksa tubuh untuk memiliki daya tahan lebih. Mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa mendapatkannya dalam segelas jus cranberry. Minuman ini menyediakan 39 persen dari kebutuhan harian vitamin C dan mampu mencegah penyakit gusu dan infeksi saluran kemih. Senyawa alaminya berfungsi mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Karena buah cranberry masih terbilang jarang, Anda bisa menggantinya dengan stroberi segar.

* Jus tomat
Bukan tanpa alasan jika banyak restoran yang menghidangkan tomat sebagai minuman, lalapan, atau campuran makanan. Selain harganya yang murah, tomat kaya akan vitamin dan lycopene yang melindungi tubuh dari kanker. Jadikan teman saat menyantap makanan yang sedikit berlemak atau menu bakar-bakaran.

Bagaimana dengan Susu Cokelat?

Susu cokelat memiliki karbohidrat dan protein yang bisa memberikan banyak asupan energi. Jika aktivitas di kantor mengharuskan Anda melakukan banyak gerak dan berpotensi membuat tubuh lelah, minumlah satu gelas susu cokelat rendah gula. Kandungannya mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak akibat kelelahan dan mengurangi rasa sakit pada persendian. Selain itu, bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini merupakan hasil penelitian yang diungkapkan oleh American College of Sport Medicine.

(Ayunda Pininta Kasih/Majalah Chic)



Sumber :
CHIC
Editor :
Nadia Felicia

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui