Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Kanker Serviks Turun Harga

Kompas.com - 10/12/2010, 15:15 WIB

Kompas.com - Dalam rangka memperingati Hari Ibu, selama bulan Desember ini Yayasan Kanker Indonesia wilayah DKI Jakarta menyelenggarakan program pencegahan kanker serviks. Untuk memperluas jangkauan vaksin kanker serviks, selama bulan ini harga vaksin diturunkan menjadi Rp 550.000 sekali suntik.

Kanker leher rahim masih menempati peringkat pertama kanker pada perempuan di Indonesia. Ada 15.000 kasus baru per tahun dengan angka kematian 8000 orang per tahun. Angka harapan hidup mencapai lima tahun jika kanker ini diketahui dan diobati pada stadium 1. Pada stadium 2, hanya 60 persen yang mencapai lima tahun dan pada stadium 3 tinggal 25 persen.

Karena kanker ini menelan korban jiwa cukup banyak, pencegahan menjadi hal yang penting, yakni lewat vaksinasi. Sayangnya harga vaksin kanker serviks masih relatif mahal, mencapai satu juta rupiah, dan perlu diulang sampai tiga kali.

Selain pencegahan, mendeteksi dini penyakit ini bisa dilakukan melalui berbagai cara, antara lain pap psemar dan tes DNA HPV. Bagi wanita yang sudah melakukan kegiatan seksual dan tidak menikah, pap smear sangat dianjurkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program vaksin kanker serviks murah ini silakan hubungi YKI DKI Jakarta, (021) 650 9144. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com