Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Besar Masih Sering Mengompol

Kompas.com - 21/12/2010, 13:15 WIB

TANYA:
Dokter, Saya punya keponakan laki - laki sekarang umur 8 tahun kelas 3 SD, setiap malam pasti mengompol, tidak cuma sekali kadang 2 kali walaupun sebelum tidur sudah pipis & malam sekitar jam 2 dibangunin pipis, tetap saja mengompol. Apakah ada kelainan atau karena pengaruh AC? (untuk tambahan BB keponakan saya sekitar 35 kg TB sekitar 135 cm) Sebelumnya terima kasih atas jawaban Dokter.
Uthe (31), Jakarta


JAWAB:
Ibu Uthe yang baik,
Mengompol (enuresis) pada seorang anak yang sudah besar sebagian besar lebih disebabkan karena faktor psikologis. Pola asuh yang lebih instruktif, bernuansa negatif, penuh amarah, terlalu kompetitif, dan hukuman, dapat menyebabkan seorang anak merasa depresi yang dapat berakibat anak tanpa disadari mengompol saat tidur.

Penyebab lain yang perlu dipikirkan adalah adanya infeksi saluran kemih, kelainan neuro-urogenik dan kelainan lain seperti kelainan anatomis dan sebagainya. Si kecil tampaknya juga menderita obesitas, karena berdasarkan tinggi badannya, berat badan idealnya adalah 28 kg. Sehingga sebaiknya ia mendapatkan terapi nutrisi yang seimbang untuk menurunkan berat badannya agak terhindar dari risiko menderita penyakit degeneratif di masa dewasanya seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com