Minggu, 26 April 2015

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Takut Sakit Malam Pertama

Rabu, 22 Desember 2010 | 09:17 WIB

TANYA :   Dokter, saya mau bertanya seputar keperawanan. Saya akan menikah sekitar dua bulan lagi, tetapi saya merasa agak sedikit takut pada saat malam pertama saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Saya takut akan rasa sakit yang akan timbul saat dan setelah melakukannya. Apa yang harus saya lakukan... Atas jawabannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Andita  (23) , Banda Aceh

JAWAB :

Informasi mengenai rasa sakit, apalagi sakit yang berlebihan, ketika melakukan hubungan seksual pertama kali, tampaknya sudah berlebihan. Mungkin juga sudah menjadi semacam mitos. Informasi ini berasal dari masa lalu ketika para istri mengeluh sakit dan mengeluarkan darah (perawan) ketika pertama kali melakukan hubungan seksual.

Pada masa lalu, pengalaman seperti itu benar karena tiadanya keterbukaan informasi tentang seksualitas, apalagi dalam perilaku seksual. Pada masa kini, informasi yang benar tentang seksualitas mudah didapat.

Demikian juga perilaku seksual sudah berubah. Kalau dulu sebelum menikah orang tidak sempat pecaran, kini sebaliknya. Kalau dulu perempuan tidak sempat merasakan rangsangan seksual pranikah, kini sebaliknya. Paling tidak, ketika pergi berdua dengan pacarnya, telah terjadi sentuhan, yang menimbulkan rangsangan seksual.

Pada hubungan seksual pertama kali, rasa sakit menjadi sangat berkurang atau tidak dirasakan bila perempuan terangsang cukup. Jadi Anda tidak perlu takut, kecuali kalau Anda tidak cukup terangsang karena penyebab tertentu. Ketakutan merasa sakit juga termasuk salah satu hambatan psikis yang mengurangi reaksi seksual.

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat