Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Minum Obat Batuk Sebelum Tidur

Kompas.com - 28/12/2010, 08:33 WIB

TANYA :

Dokter Intan Yth,

Saya mempunyai masalah kesulitan tidur. Setiap tidak bisa tidur, saya selalu mengonsumsi obat batuk setengah sendok. Apakah ini membahayakan kesehatan tubuh saya secara menyeluruh?

Efek apa yang akan saya dapatkan jika kebiasaan ini saya teruskan? Saya mengonsumsi obat batuk karena obat tersebut bisa membuat saya mengantuk setelah dikonsumsi. Mohon bantuannya. Terima kasih dokter atas jawabannya.

Ratna (28), Jakarta

JAWAB :

Mbak Ratna yang baik, memang beberapa obat mengandung antihistamin yang berefek sedasi (mengantuk). Tujuannya, selain menekan refleks batuk, juga memberikan kesempatan istirahat untuk pasien batuk. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat batuk jika tidak bisa tidur.

Konsultasikanlah hal ini lebih detail dengan dokter Anda. Pada prinsipnya, berkonsultasi akan jauh lebih baik karena berbagai macam hal dapat menyebabkan Anda tidak bisa tidur. Dengan begitu, kita dapat mengetahui pasti apakah penyebab masalah Anda tidak bisa tidur dan menemukan solusinya.

Saran saya, cobalah untuk melakukan aktivitas yang cukup pada pagi, siang, dan sore sehingga di malam hari tubuh akan merasa lelah dan bisa tidur. Seandainya tidak bisa, dokter akan mengatur pola tidur dengan bantuan obat, bisa berupa obat tidur ataupun obat antihistamin yang berefek tidur.

Minum obat batuk tidak dianjurkan karena zat yang dikandungnya banyak, bukan hanya obat tidur. Saya khawatir hal ini tidak rasional dan ditakutkan terjadi efek samping berbahaya yang ditimbulkan oleh obat lain yang terkandung dalam komposisi obat batuk tersebut. Semoga jawaban saya bisa membantu Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com