Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Paramiliter Gagal Kirim 6 Ton Kokain

Kompas.com - 30/12/2010, 06:38 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kolombia, Rabu (29/12/2010), menyita enam ton kokain di Kota Buenaventura, ketika kokain itu siap diangkut ke Guatemama dalam perjalanan ke Amerika Serikat.

Obat bius itu ditemukan dalam 991 paket kecil yang dibungkus dengan rapat dalam balutan plastik gelap, ditandai bermacam simbul seperti sebuah puma dan bintang sabit, serta dimasukkan dalam 32 ransel.

Kepala Polisi Jenderal Oscar Naranjo menyatakan, penyitaan itu merupakan pukulan bagi geng narkoba yang dijalankan oleh pemimpin kelompok besar obat bius "Comba", nama sebenarnya Luis Enrique Calle Serna.

Ia memimpin jaringan kriminal yang disebut "Los Rasttrojos", sebagian besar terdiri atas polisi paramiliter. Kolombia tetap penghasil kokain utama dunia, dengan 410 metrik ton pada 2009, jumlah yang terakhir dicatat kantor PBB mengenai narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com