Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehidupan Seks Pria Lebih Bergelora

Kompas.com - 03/01/2011, 11:03 WIB

Kompas.com - Bukan rahasia lagi kalau usia harapan hidup wanita lebih panjang dibanding pria. Tapi urusan kehidupan seksual, pria juaranya.

Walaupun wanita lebih panjang umur, tapi sebuah penelitian menunjukkan di usia 55 tahun, seorang pria masih memiliki tahun-tahun kehidupan seksual yang aktif hingga 15 tahun di depan. Sedangkan wanita di usia yang sama, mereka cuma punya sisa 11 tahun.

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal ini juga menyebutkan seandainya seorang pria menjaga kondisi fisiknya, ia masih bisa aktif secara seksual hingga 7 lagi. Sementara itu dengan kondisi fisik yang sama, wanita cuma bisa menambah tak lebih dari 5 tahun.

"Kami senagaja melihat perbedaan di usia 55 tahun karena pada titik ini pria secara konsisten masih tertarik pada seks dibandingkan wanita. Ini tidak mengejutkan karena rata-rata wanita menopause di usia 51 tahun. Perubahan hormon saat menopause akan membuat hubungan seks jadi tidak nyaman lagi," kata Dr.Stacy Tessler Lindau, peneliti.

Selain itu, meski biasanya pria juga baru mengalami disfungi ereksi di usai 50-55 tahun namun obat-obatan disfungsi ereksi seperti Viagra dan sejenisnya membuat kehidupan seks para pria terus menggelora.

"Proporsi pria berusia 50-60 tahun yang mengatakan masih tertarik pada seks meningkat pesat dibanding pada masa tahun 1996. Salah satu penyebabnya adalah karena kini sudah ada obat disfungsi ereksi untuk pria," katanya.

Dalam penelitiannya Lindau membandingkan data hasil survei nasional tahun 1996 dan 2006 yang masing-masing melibatkan 3.000 partisipan. Usia para partisipan antara 57-85 tahun. Mereka menjawab pertanyaan mengenai hubungan dengan pasangan, dorongan seksual dan kondisi kesehatan.

Secara umum meski berusia lanjut para pria tersebut masih menginginkan hubungan seks yang aktif dan secara seksual mengaku lebih puas dibandingkan dengan pasangan mereka.

Dalam laporannya, Lindau dan timnya juga mengenalkan istilah sexually active life expentacy/SALE (usia harapan aktif secara seksual). Menurut penelitiannya, rata-rata SALE pria berusia 30 tahun adalah 35 (berarti pria masih akan melakukan hubungan seks hingga berusia 65 tahun).

Sedangkan wanita berusia 30 tahun memiliki SALE 31. Akan tetapi perlu diingat bahwa biasanya wanita lebih panjang umur.

"Yang penting untuk diperhatikan dari hasil studi ini adalah seseorang menginginkan untuk terus aktif secara seksual dan kini kita makin terbuka untuk membicarakannya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com