Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosan Treadmill? Tiru Cara Seleb Mengakalinya

Kompas.com - 03/01/2011, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang yang mendaftar sebagai member di pusat-pusat kebugaran, dan memilih peralatan seperti treadmill atau elliptical machine untuk membakar kalori. Namun, jika Anda hanya bergerak selama 10 menit di atas mesin tersebut, Anda baru sekadar memanaskan tubuh. Untuk benar-benar membakar kalori, paling tidak Anda membutuhkan waktu 30 menit lagi. Tetapi, rasanya kok bosan sekali ya, berjalan secara statis di atas treadmill?

Ternyata, bukan hanya Anda yang merasa jenuh saat menggunakan alat di gym. Beberapa selebriti yang memilih tubuh superkencang juga dilanda kebosanan yang sama. "Sebenarnya, aku tidak pernah menghabiskan waktu berjam-jam di gym karena aku enggak suka, dan gampang bosan. Rasanya aku jadi seperti hamster yang terlalu lama berlari di atas treadmill," ujar Jessica Alba.

Meskipun begitu, bintang film Machete ini tidak menghindarinya sama sekali. Untuk mengakali kebosanan itu, ia membuat latihan-latihan yang pendek. "Kalau aku lagi merasa harus berolahraga, aku berlatih tiga atau empat hari dalam seminggu. Di gym, aku latihan kardio selama 10 menit, lalu angkat beban sedikit. Kemudian kardio lagi 10 menit, dan angkat beban sedikit. Itu saja," katanya sambil menambahkan, seperti orang lain, ia selalu mendengarkan musik atau nonton film saat latihan kardio.

Jika sudah begitu "muak" dengan gym, ibu satu anak ini memilih untuk hiking, yang menurutnya jadi selingan yang asyik dari treadmill.

Pola latihan pendek-pendek ini rupanya juga diterapkan oleh Jennifer Garner. Perempuan yang sangat dikenal determinasinya ini punya trik saat harus menurunkan berat badannya usai melahirkan. Seperti orang lain, ia enggan berlari di atas treadmill selama 45 menit. Ia lalu melakukan suatu trik mental kecil-kecilan.

"Caranya, aku akan berjalan di treadmill selama 10 menit. Setelah 10 menit, kita pasti merasa, 'Ah, 10 menit bukan apa-apa kok'. Anehnya, setelah 10 menit, aku selalu ingin melakukan 10 menit lagi, yang akan mendorongku melakukan 10 menit lagi. Itu merupakan cara yang hebat untuk memacu Anda latihan kardio," seru pemeran Julia di Valentine's Day ini.

Beberapa perempuan selebriti lain bahkan sudah meninggalkan treadmill dan angkat beban untuk melakukan jenis latihan yang lain. Lucy Liu, salah satu bintang Charlie's Angels, memilih untuk melakukan latihan stretching tiga kali sehari, dan sesi Pilates singkat. "Perempuan kan bisa terlihat terlalu berotot kalau melakukan angkat beban, sementara treadmill membosankan. Stretching bisa memperpanjang otot-otot, dan setelah berjalan lama, postur tubuh bisa membaik," katanya.

Cara yang lain lagi dilakukan Reese Witherspoon. Personal trainer-nya, Matthew Reyes, mengatakan bahwa aktris ini punya dua senjata rahasia. Pertama, hiking secara mundur untuk membentuk otot-otot betis dan mengencangkan tubuhnya. Kedua, ia selalu membawa ankle weight seberat masing-masing 2 kg ketika berjalan.

Ternyata, banyak yang bisa kita lakukan untuk menghindari kebosanan berjalan atau berlari di atas treadmill. Jangan sampai karena Anda jenuh, akhirnya Anda berhenti latihan sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com