Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anestesi Lebih Mirip Kondisi Koma

Kompas.com - 04/01/2011, 07:31 WIB

KOMPAS.com — Anestesi atau kerap disebut pembiusan ternyata lebih mirip kondisi koma ketimbang tertidur pulas. Temuan yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine itu berdasarkan pengamatan dan eksplorasi selama tiga tahun terhadap persamaan dan perbedaan antara koma, anestesi, dan tidur.

”Anestesi secara umum ialah koma akibat obat, bukan tidur,” ujar Nicholas Schiff dari Weill Cornell Medical College di New York, Amerika Serikat, yang terlibat dalam studi itu, seperti dipublikasikan pekan lalu.

Dia mengatakan, dalam anestesi, pasien dibawa ke fase tertentu dan dijaga tetap dalam fase itu selama operasi. Fase tersebut lebih mendekati kondisi koma. Otak menjadi sangat tenang.

Dengan mempelajari bagaimana pasien dapat sadar dari anestesi, para dokter dapat memanfaatkannya untuk menemukan strategi baru menyadarkan pasien yang sedang koma. (Reuters/INE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com