Kamis, 18 Desember 2014 15:33

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Bentuk Tubuh Anda Pir atau Apel?

Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 4 Januari 2011 | 11:20 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Mengetahui tipe bentuk tubuh bukan hanya memudahkan kita memilih jenis olahraga pembentukan tubuh yang tepat, tapi juga membantu kita mendeteksi jenis lemak yang bersembunyi di dalam tubuh. Bagaimana cara mendefenisikan bentuk tubuh yang tepat?

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengukur dua hal, yaitu lingkar pinggang dan lingkar pinggul. Lingkar pinggang berada di antara atas pusar dan bawah dada (lingkar terkecil tubuh Anda). Sedangkan pinggul letaknya di bagian paling lebar dari badan Anda.

Setelah mengetahui ukurannya, sekarang waktunya untuk menghitung Waist to Hip Ratio (WHR) dengan rumus lingkar pinggang dibagi lingkar pinggul. Jika hasilnya dibawah 1, berarti tubuh Anda berbentuk buah pir, sedangkan jika WHR Anda 1 atau lebih, maka Anda bertubuh buah apel.

Selain lewat rumus itu, secara kasat mata kita juga bisa mengelompokkan tubuh kita dengan tanda berikut:

Pir: Ditandai dengan bagian bawah tubuh yang lebih besar dibandingkan bagian atas. Ciri fisiknya, bagian pinggul lebih lebar dibanding pundak karena distribusi lemak kita lebih banyak di wilayah panggul.

Apel: Pemilik tubuh ini memiliki bagian atas yang lebih lebar dibanding tubuh bagian bawah. Itu mengapa mulai dari dada hingga perut lebih besar ukurannya dibanding panggul. Itu sebabnya ketika bobot tubuh bertambah yang paling terlihat menumpuk lemak adalah bagian atas tubuh.

Mereka yang memiliki bentuk tubuh buah apel harus lebih berhati-hati karena lebih beresiko terserang penyakit, khususnya yang berhubungan dengan jantung.






Sumber :
Berbagai Sumber

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui