Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejang Demam pada Anak

Kompas.com - 05/01/2011, 10:06 WIB

TANYA:   Dokter, anak saya berusia 2 tahun, sejak usia 1,5 tahun ia suka mengalami kejang jika demam tinggi. Berbahayakah kondisi itu dan bagaimana pencegahannya? Kira-kira sampai usia berapa seorang anak mengalami kejang demam? Mohon bantuannya.

Irman, Jakarta  

JAWAB: Kejang yang timbul saat demam disebut kejang demam (KD) yang disebabkan oleh penyebab di luar susunan saraf pusat/otak. KD terbagi menjadi KD sederhana dan KD kompleks. Biasanya setelah kejang berakhir kesadaran anak membaik. Kejang demam dapat terjadi pada usia seorang anak antara 6 bulan sampai dengan 6 tahun.

Beberapa anak dapat mengalami episode kejang setiap ia menderita demam, sedangkan yang lain tidak. Kejang demam sendiri memiliki prognosis yang cukup baik selama tidak sering berulang dan bukan disebabkan oleh infeksi di dalam otak. Cara mencegahnya adalah dengan segera menurunkan suhu tubuh si kecil saat teraba demam dengan cara memberikannya cukup cairan, mengompres seluruh tubuhnya dengan air hangat, memberinya obat penurun demam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com