Selasa, 5 Mei 2015

Health

Botox Justru Bikin Terlihat Tua

Jumat, 7 Januari 2011 | 14:03 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan suntik Botox belakangan ini makin tenar, meski konsekuensi jangka panjang obat ini belum banyak diteliti. Satu penelitian mempertanyakan keefektivitasan dan dari suntikan ini terhadap penampilan seseorang. Bahkan diperkirakan bisa berefek membuat seseorang terlihat lebih tua.

Para peneliti dari University of Calgary, Kanada, dilaporkan oleh geniusbeauty.com mengatakan bahwa suntik Botox dalam jangka panjang, dikhawatirkan justru bisa membuat kulit kehilangan kekenyalannya dan menyebabkan otot menggelayut karena kehilangan massa otot. Untuk memperbaikinya, bahkan diperlukan penambahan lemak untuk mengganti massa otot.

Lebih lanjut, pemberian lemak untuk mengganti massa otot ini tak hanya diperlukan di lokasi yang disuntik Botox saja, tetapi juga di sekitar area lainnya. Dengan kata lain, mereka yang menyuntikkan Botox pada wajahnya lama kelamaan justru bisa terlihat lebih tua karena massa ototnya berkurang.

Studi ini menggunakan percobaan pada kelinci, dan ditemukan, kelinci yang disuntikkan Botox mengalami pengurangan massa otot mereka sekitar 50 persen. Di tahun 2009, tercatat sekitar 2,5 juta orang menggunakan Botox di Amerika Serikat. Terlihat adanya peningkatan penggunaan obat ini, apalagi karena makin terjangkaunya harga obat ini. Sayangnya, belum banyak penelitian yang menerangkan efek dari jangka panjang obat ini yang terdengar masyarakat.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Nadia Felicia
Sumber: