Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelamaan Naik Motor, Bahayakan Organ Seks?

Kompas.com - 12/01/2011, 08:04 WIB

TANYA :

Dok, saya mau konsultasi. Pada saat mengendarai sepeda motor dengan waktu yang agak lama, daerah kemaluan saya seperti kesemutan. Dan bila saya melompat pada ketinggian lebih kurang 1 meter, daerah di sekitar testis sering sakit seperti kejang. Itu kenapa ya? Apakah terlalu lama berkendara berbahaya untuk alat reproduksi saya? Terima kasih  

Dimas Prakosa, 32, Purbalingga, Jawa Tengah  

JAWAB :

Mudah dimengerti, timbul rasa kesemutan di daerah kelamin dan sekitarnya bila mengendarai sepeda motor terlalu lama. Alasannya, karena terjadi tekanan di bagian perineum (bagian di antara anus dan kelamin), yaitu bagian yang banyak ujung saraf perasa.

Kalau Anda merasa sakit di sekitar testis ketika melompat, itu juga dapat dimengerti. Benturan di testis ketika melompat tentu akan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, apabila melompat seperti itu, disarankan menggunakan celana dalam yang menopang testis.

Pada umumnya mengendarai sepeda motor dalam waktu lama tidak akan mengganggu organ reproduksi. Namun, ada pengamatan terhadap pengendara sepeda balap, yaitu jika berkendara dalam waktu lama, pengendara akan mengalami disfungsi ereksi.

Ini akibat terjadi perdarahan kecil di daerah perineum tersebut. Namun, saya pikir perlu penelitian yang benar sebelum tiba pada kesimpulan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com