Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres : Pengawasan Jajanan Anak Harus Efektif

Kompas.com - 31/01/2011, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono menyambut baik Gerakan Menuju Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu, Bergizi dan Sehat. Gerakan ini dinilai sangat penting bagi bangsa Indonesia mengingat masa depan anak-anak menjadi penentu bagi kekuatan bangsa.

Oleh sebab itu, Wakil Presiden Boediono saat mencanangkan Gerakan Menuju Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu, Bergizi dan Sehat, di Istana Wapres, Jakarta, Senin (31/1/2011), harus benar-benar berjalan dengan baik.

"Namanya gerakan, tentu Gerakan Menuju Jajanan Anak Sekolah yang sehat, bermutu dan aman, harus benar-benar dijalankan. Jangan cuma diam," tambahnya.

Untuk itu, Wapres merasa perlu membentuk tim terpadu antar kementerian dan sektor agar Gerakan Menuju Jajanan Anak Sekolah yang sehat, bermutu dan aman dapat dijalankan secara efektif.

"Saya kira perlu dibentuk tim terpadu, yang bisa memberikan laporan kepada saya sehingga anak-anak kita bisa menikmati makanan yang sehat, bersih dan sehat dan aman," lanjutnya.

Wapres Boediono berharap tim tersebut dapat terjun ke 170.000 sekolah dasar untuk mengawasinya. "Dari data yang ada, sebanyak 40-44 persen, anak-anak sekolah dasar mengonsumsi jajanan sekolah yang tidak sehat," kata Wapres Boediono lagi.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mencanangkan Satuan Tugas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal serta menyaksikan penyerahan hadiah Lomba Kantin Sehat.

Acara itu dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Kepala Badan POM Kustantinah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com