Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Esensial Mampu Mengatasi Depresi

Kompas.com - 04/02/2011, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Minyak esensial yang berasal dari sejumlah tanaman bisa diformulasikan menjadi ragam bentuk perawatan kesehatan tubuh. Menjadi salah satu bahan pembuat garam mandi misalnya, atau dijadikan aromaterapi. Minyak esensial juga punya manfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh dengan ragam aroma yang dihasilkannya.

Peneliti Idah Rosidah, MSi, Apt, dari Pusat Teknologi Farmasi dan Medika BPPT menyebutkan sejumlah tanaman penghasil minyak esensial. Yakni bunga mawar, tanaman ekaliptus, bunga lavender, daun nilam (patchouli), buah lemon, bunga chamomile, bunga yasmin, bunga rosemary.

Dari berbagai tanaman ini, Idah memaparkan empat penghasil minyak esensial yang punya khasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Minyak esensial rose
Berkhasiat sebagai antidepresan, antiseptik, merelaksasi otot, antivirus, aprodisiak, mengontrol minyak dan menyegarkan wajah, membunuh bakteri, menghentikan pendarahan, melunakkan feses, obat perut, dan tonik. Sejumlah khasiat ini juga bermanfaat secara fisiologi, di antaranya untuk meningkatkan sensualitas, perasaan cinta, ketenangan, percaya diri, rasa nyaman, motivasi, dan keterbukaan.

Minyak esensial jasmine
Berkhasiat sebagai antidepresan, anti peradangan, antiseptik, antispasmodik, aprodisiak, ekspektoran, sedativa (obat pereda). Sedangkan manfaat fisiologinya di antaranya meningkatkan percaya diri, gairah cinta, suasana romantis, antidepresi, menghilangkan ketegangan saraf dan kesedihan.

Minyak esensial lemon
Berkhasiat sebagai antirematik, antiseptik, antipasmodik, penyegar, peluruh gas perut, diuretik (penambah kecepatan pembentukan urin), melunakkan feses, meningkatkan sel darah putih, obat perut, dan tonik. Beberapa manfaat fisiologinya adalah untuk meningkatkan ketenangan, kewaspadaan, vitalitas, menghilangkan kelelahan, dan menyegarkan tubuh.

Minyak esensial patchouli
Berkhasiat sebagai antidepresan, antiseptik, aprodisiak, penyegar, regenerasi sel, deodoran, diuretik, sedativa, dan tonik. Manfaat fisiologi dari berbagai khasiat ini di antaranya mengurangi rasa lelah mental, stres, depresi, dan baik untuk menghilangkan bau.

Sejumlah khasiat dan manfaat minyak esensial ini bisa menjadi panduan Anda dalam memilih aromaterapi. Selain faktor aroma yang dipilih sesuai selera, Anda juga bisa mempertimbangkan manfaat yang didapatkan darinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com