Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukur Kemampuan Jantung Lewat Tes Treadmill

Kompas.com - 05/02/2011, 14:15 WIB

Kompas.com — Kendati dikenal hobi bermain futsal, ternyata jantung politisi Adjie Massaid tidak sekuat yang diperkirakan. Ia meninggal dunia setelah bermain futsal dan diduga kuat terkena serangan jantung.

Olahraga memang baik untuk kesehatan, tetapi menurut dr.Aulia Sani, Sp.JP (K), ahli penyakit jantung, untuk orang yang sudah berusia di atas 40 tahun, sebaiknya dilakukan tes uji berbeban untuk mengetahui jenis dan intensitas olahraga yang pas.

"Jika sudah memasuki usia 40 tahun, wajib melakukan tes treadmill untuk mengukur sejauh mana otot jantung berfungsi dan apakah jantung menerima pasokan darah yang cukup," kata dr. Aulia, ahli jantung dari RS Pusat Jantung Harapan Kita Jakarta.

Pada latihan uji berbeban, elektrode ditempatkan di berbagai bagian dada dan sebuah alat pengukur tekanan darah dipasang di lengan. Anda kemudian berjalan di atas treadmill sementara elektrokardiogram mereka reaksi jantung terhadap beban yang semakin meningkat.

Ketika tingkat kecepatan treadmill secara bertahap dinaikkan dan usaha melakukannya semakin berat, denyut jantung akan meningkat. Uji jantung ini juga bisa digunakan untuk mengevaluasi gejala seperti sakit dada atau sesak napas selama latihan.

"Jika hasil treadmill menyatakan baik, seluruh olahraga yang sifatnya kompetisi bisa dilakukan. Jika hasilnya di bawah kriteria,  lakukan olahraga ringan dan sifatnya rekreasi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com