Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Mutiara di Balik Cangkang

Kompas.com - 06/02/2011, 13:15 WIB

Mempunyai seorang anak autistik tak ubahnya seperti menghadapi kerang besar yang menyimpan mutiara indah di dalamnya. Cangkang kerang yang keras dan tertutup rapat itu mesti dibuka pelan-pelan dengan usaha yang besar.

Begitulah presenter M Farhan (41) menggambarkan perasaannya sebagai ayah Ridzky (11), putra sulungnya yang terdeteksi autistik. ”Karena usaha kita dahsyat, begitu cangkang itu terbuka sedikit saja, rasanya luar biasa,” ujar ayah dua anak yang juga kondang sebagai penyiar radio itu.

Ridzky mulai mendapat terapi sejak usia 18 bulan dan mengucapkan kata pertamanya, ”ayah”, pada usia 4 tahun. Walau lebih dekat dengan sang ibu, kata ”ibu” baru bisa diucapkan belakangan karena memang kata itu lebih sulit dilafalkan.

Memiliki anak autistik, diakui Farhan, merupakan masalah sekaligus berkah. Masalah, karena bukan hal mudah membuat anak autistik dapat beradaptasi dengan dunia yang ada—bukan dunia dalam benaknya sendiri.

Namun, mendampingi mereka tumbuh dan berkembang juga tak ubahnya mengalami keajaiban berkali-kali. Itu yang dirasakan Farhan, misalnya, ketika tiba-tiba Ridzky menyanyikan ”Beyond the Sea”, lagu tema film Finding Nemo yang ia gemari.

”Lebih dahsyat lagi ketika melihat bagaimana Ridzky berinteraksi dengan Bisma, adiknya yang tidak autistik,” ujarnya.

Keajaiban

Autisme merupakan salah satu hal yang menyebabkan seorang anak dikategorikan berkebutuhan khusus. Anak yang mengalami kesulitan belajar, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), hingga tunarungu atau tunagrahita juga digolongkan sebagai anak berkebutuhan khusus.

”Keajaiban” seperti yang dirasakan Farhan ini tergambar dalam acara temu anak spesial yang diselenggarakan Yayasan Peduli Anak Spesial dan Harry Darsono Foundation di Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (5/2).

Dalam acara ini, anak-anak yang semula tersisih, dianggap bodoh, bahkan dipandang cacat, karena mereka berkesulitan belajar menampilkan bakat dan kemampuan yang luar biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com