Sabtu, 1 November 2014 14:29

KONSULTASI / PENYAKIT DALAM - ARTIKEL

KONSULTASI PENYAKIT DALAM

Bersama Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH

Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Infonesia ( PAPDI) dan Pengurus PAPDI Cabang Riau. Berminat dalam bidang Healthy Life, Healthy Aging, dan Diabetes Mellitus.

Telapak Kaki Selalu Sakit Saat Bangun Tidur

Senin, 7 Februari 2011 | 10:22 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

TANYA : 

Dok saya ingin bertanya, pergelangan tangan dan telapak kaki saya tiap hari sakit bila bangun tidur. Tetapi setelah saya makan obat sembuh, dan bila berhenti obatnya akan kambuh lagi, penyakit apakah ini? dan sebaiknya cek ke dokter spesialis bagian apa? Karena saya sudah pernah cek darah, hasilnya tidak ada rematik dan asam urat pun gak ada.  Terima kasih ya dok atas jawabannya.

Eny, 28, Pekanbaru

JAWAB :

Mbak Eny yang baik, kaku yang anda alami pada beberapa sendi kecil (jari tangan/kaki, pergelangan tangan kaki) pada pagi hari seringkali dihubungkan dengan suatu penyakit yang disebut Rheumatoid Arthritis, yaitu suatu penyakit autoimun yang menyerang sendi-sendi kecil dan dapat menyebabkan penyakit sistemik.

Memang, kasus RA sering dijumpai pada wanita usia muda dengan berbagai gejala klinis dan dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk sendi maupun organ tubuh lainnya.

Menurut saya, cobalah Anda periksakan ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk menegakkan penyakit anda dengan beberapa pemeriksaan darah, bahkan difoto radiologi bila perlu.   Yang perlu anda ketahui bahwa adanya nyeri sendi tidak selalu berhubungan dengan asam urat maupun kolesterol seperti yang sering diduga banyak orang. Semoga jawaban saya bisa membantu Anda ya.


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui