Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahi Lalat Membesar, Tumorkah?

Kompas.com - 08/02/2011, 08:26 WIB

TANYA :

Dok, saya mau tanya. Ayah saya mempunyai tahi lalat bentuknya bulat memanjang, awal mulanya tahi lalat itu biasa saja, tapi akhir-akhir ini tahi lalat itu membesar sebesar biji kacang dan mengeluarkan cairan seperti nanah dan darah.

Apakah bisa jadi itu tumor atau kanker ganas? Soalnya sampai sekarang saya belum memeriksakannya ke dokter karena ayah saya sulit sekali dibawa ke dokter. Bagaimana solusinya dok, Apakah jalan satu-satunya adalah operasi? Terima kasih

Pujiastutik, 19, Ponorogo

JAWAB :

Terima kasih atas pertanyaannya. Sebelumnya, saya memberikan salut pada Anda atas kepedulian Anda terhadap kesehatan ayah Anda. Menurut saya, jika tahi lalat tumbuh dengan cepat dan tidak di"utak-atik" oleh ayah anda dalam arti dicabut, dipegang-pegang, dan dilakukan banyak hal yang bisa menyebabkan luka terbuka dan terinfeksi serta dengan sendirinya tahi lalat tersebut membentuk tukak/luka, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Karena sangat mungkin akan adanya suatu keganasan yang kurang baik jika anda tunda untuk mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi.  Tentang operasi atau tidak, sebaiknya diperiksa oleh seorang dokter terlebih dahulu baru bisa direncanakan program pengobatan ayah anda yang menyangkut masalah operasi atau tidak. Semoga jawaban saya bisa membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com