Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Pintar Mengurangi Daging

Kompas.com - 08/02/2011, 15:46 WIB

Kompas.com - Daging termasuk jenis makanan yang punya segi negatif dan positif. Daging mengandung protein dan zat besi yang penting untuk tubuh, namun lemaknya yang tinggi menjadikan daging sebagai musuh nomor satu bagi kesehatan. Karena itu, batasi asupan daging dalam menu harian Anda maksimal sekali setiap minggu. Berikut adalah 3 alasan pintar untuk mulai mengurangi daging sekarang.

1. Lebih sehat

Daging, terutama daging merah merupakan sumber utama lemak jenuh. Penelitian menunjukkan konsumsi daging merah terlalu banyak meningkatkan risiko kematian karena berbagai sebab, termasuk penyakit jantung dan kanker. Itu sebabnya kurangi frekuensi daging merah yang dikonsumsi dan menggantinya dengan sayur-sayuran.

2. Berhemat

Selain lebih sehat, mengurangi anggaran belanja daging tentu membuat dompet Anda lebih tebal. Meski begitu, konsumsi daging untuk ibu hamil dan anak-anak sebaiknya tidak boleh dikurangi karena ibu hamil memiliki kebutuhan protein 17 gram yang setara dengan 1 porsi daging (35 g) dan 1 porsi tempe (50 g).

3. Ramah lingkungan

Industri peternakan menyumbang seperlima dari seluruh gas rumah kaca dan mengambil 30 persen lahan bumi yang bisa dipakai. Mengurangi daging sedikitnya 0,5 gram saja dalam seminggu (porsi makan malam keluarga) memiliki dampak setara dengan menukar sedan standar Anda dengan mobil hybrid yang sangat efisien. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com