Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maunya Berfantasi Sebelum Tidur

Kompas.com - 09/02/2011, 14:22 WIB

TANYA:

Hai Prof.  Saya ini wanita yang memiliki kebiasaan buruk dan menjengkelkan. Setiap kali ada waktu senggang, saya selalu berimajinasi dengan lelaki yang saya suka, terutama setiap kali saya mau tidur, sampai-sampai waktu istirahat saya berkurang.

Saya tidak bisa tidur/susah tidur dan harus berimajinasi terlebih dahulu dengan orang yang saya suka sampai orgasme/puas baru saya keletihan dan baru bisa tidur. Saya masih single terkadang saya sampai malu pada diri sendiri. Saya juga takut kalau kebiasaan buruk ini ada yang tahu. Kalau siang mungkin saya bisa mencari kesibukan.... Mohon sarannya, terima kasih.

Listiana (23), Jakarta

JAWAB:

Saya pikir, berfantasi bukanlah sesuatu yang salah atau buruk. Fantasi seksual muncul karena adanya dorongan seksual dan rangsangan dari luar, baik fisik maupun psikis. Aktivitas seksual yang kerap menyertainya adalah masturbasi. Puncaknya adalah orgasme yang memberikan sensasi kenikmatan, yang belum tentu memberikan kepuasaan secara emosional.        

Sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kebiasaan ini. Tetapi, kalau sampai mengganggu waktu istirahat Anda, tentu ini tidak boleh terjadi. Inilah yang harus Anda kontrol agar waktu istirahat Anda kembali cukup.

Kebiasaan Anda ini akan hilang setelah Anda menikah karena akan melakukan hubungan seksual secara teratur. Tentu saja asal hubungan seksual itu memuaskan. Tetapi, kalau hubungan seksual yang Anda lakukan tidak memuaskan, kemungkinan Anda akan kembali pada kebiasaan itu lagi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com