Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoga Melatih Penerimaan Diri

Kompas.com - 21/02/2011, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Yoga tak hanya berdampak pada kebugaran raga, tetapi juga ketenangan jiwa. Berlatih yoga secara teratur mampu menstimulasi tubuh untuk memproduksi hormon yang membuat Anda lebih menerima atau memahami orang lain. Tak berlebihan jika dikatakan, yoga bisa menjadi obat  pasangan untuk mengatasi berbagai friksi dalam hubungan.

Pakar penyembuhan holistik dan praktisi yoga, Martine Cassagrande, mengatakan, yoga menjadi salah satu cara penyembuhan alami dari dalam diri. Latihan fisik ini menstimulasi hormon yang menimbulkan rasa senang dan ceria. Bagi pasangan yang bermasalah dengan dorongan seksual, kebiasaan berlatih yoga bisa membantu memberikan dorongan seks dengan hormon endorfin yang dihasilkan dari olahraga ini.

"Yoga adalah cara alami membentuk hormon yang menstimulasi tubuh dan organnya. Hormon seperti endorfin, melatonin, oksitosin (hormon cinta) dirangsang oleh gerakan yoga," jelas Martine dalam bincang-bincang bertema "Sex, Love and Human Brain" di Klinik Angsamerah, Menteng, Jakarta beberapa waktu lalu.

Perasaan senang, bahagia, tenang, penuh kasih, dan cinta, muncul sejalan dengan terlepasnya sejumlah hormon saat melakukan yoga. Perasaan seperti inilah yang dibutuhkan pasangan, saat menghadapi konflik dalam hubungan, baik perselisihan karena sikap saling menyalahkan, maupun karena hasrat seksual yang meredup.

Jika yoga adalah pilihan olahraga yang rutin dilakukan minimal tiga kali dalam satu minggu, tak sulit lagi memotivasi diri untuk konsisten melakukannya. Karena Anda bisa mendapatkan tubuh bugar dengan perasaan cinta sebagai bonusnya. Jadi, jangan lagi menunda melatih tubuh mempraktekkan ragam gerakan yoga. Silakan mencoba yoga for couple yang akan meningkatkan kemesraan Anda dan pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com