Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Seks Tanpa Basa-Basi

Kompas.com - 28/02/2011, 09:31 WIB

TANYA :

Dok, saya ini baru menikah beberapa bulan. Saya ingin bertanya, kenapa setiap kali mau bercinta, istri selalu mengajak ngobrol ngalor-ngidul terlebih dulu. Sampai-sampai saya harus selalu bersabar menunggu. Sepertinya dia selalu butuh waktu untuk melakukan foreplay. Padahal, saya inginnya tanpa ada basa basi dulu? Apakah memang setiap wanita selalu butuh waktu untuk mencapai kondisi 'bergairah'.  Atau memang ada masalah dengan gairah seks istri?

(Permana, 35, Tangerang)

 

JAWAB :

Saya pikir istri Anda benar dan normal saja. Dengan mengajak bicara sebelumnya, tampaknya dia sedang mempersiapkan diri secara psikis sebelum melakukan hubungan seksual.

Itu termasuk bagian dari foreplay. Cara foreplay yang lain adalah dengan sentuhan, ciuman, pelukan, dan rabaan. Tanpa foreplay, yang berarti tanpa reaksi seksual yang cukup, maka hubungan seksual tidak akan berlangsung dengan memuaskan.

Seharusnya bukan perempuan saja yang memerlukan foreplay, melainkan juga pria. Saya pikir Anda harus meninggalkan kebiasaan tanpa basa basi itu, karena akan mengganggu reaksi seksual istri. Padahal kalau reaksi seksual istri terganggu, Anda juga akan terganggu sebagai pasangannya.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com