Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabies Kembali Makan Korba, Kini Guru

Kompas.com - 09/03/2011, 20:50 WIB

SINGARAJA, KOMPAS.com - Luh Sri Reksen (48) seorang guru sekolah dasar yang tinggal di Banjar Kajanan, Desa Bubunan, Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali, Rabu tewas akibat positif terinveksi virus rabies.

Menurut ayah korban, Ketut Wirata (75), putrinya sempat mengalami nyeri di bagian dada, susah menelan, sesak napas dan kejang sebelum akhirnya tewas.

Pada mulut korban juga sempat mengeluarkan cairan menyerupai lendir yang volumenya berlebihan hingga kemudian dilarikan ke rumah sakit swasta Santhi Graha Seririt.

Korban tidak diberikan vaksin anti-rabies (VAR) melainkan dirujuk ke rumah sakit swasta lain di Kota Singaraja, yakni RS Kerta Usada, dan tewas setelah sempat dirawat selama dua jam.

Menurut adik korban, Made Putra Jaya (45), sekitar tujuh bulan lalu kakaknya sempat bercerita digigit seekor anjing di bagian tumit kaki kirinya.

"Sudah diperingatkan agar segera mencari VAR ke rumah sakit. Tapi hal itu tidak diperhatikan dan kakak saya hanya berkata gigitannya tidak berbahaya," papar Putra, Rabu (9/3/2011).

Dari keterangan Putra, pihak Dinas Kesehatan langsung memberikan vaksin anti-rabies kepada beberapa keluarga korban yang tinggal berdekatan dengan rumah pribadi Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Pihak Dinas Kesehatan yang datang ke rumah mengatakan, khawatir jika beberapa anggota keluarga turut terinveksi setelah terkena cairan yang berasal dari mulut korban.

Menurut keterangan Putra, masih banyak anjing liar yang berada di sekitar kawasan Desa Bubunan dan belum mendapat perhatian berupa vaksin anjing.

"Kami berharap pemerintah daerah lewat Dinas Pertanian dan Peternakan dapat melakukan eliminasi anjing liar di Desa Bubunan, karena kondisi ini sangat memprihatinkan," ucap Putra menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com