Senin, 1 September 2014 14:32

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Lima Olahraga Otak

Jumat, 11 Maret 2011 | 13:07 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com — Agar lima fungsi kognitif otak utama tetap tajam, lakukan stimulasi berikut seperti disarankan Dr Bernard Croisile, neurologis dari Neurological Hospital of Lyon, Perancis, seperti dikutip situs Happy-neuron ini.

- Ingatan

Dengarkan musik. Tidak hanya menimbulkan rasa senang, dengan memilih lagu yang belum kita kenal lalu mengingat-ingat liriknya, kadar asetilkolin, zat kimia yang membantu membangun otak akan terdongkrak. Kemampuan ingatan juga bakal membaik.

Tantangan lain yang bisa dilakukan adalah mengenakan baju tanpa penerangan atau gunakan tangan yang berbeda saat menggosok gigi. Bagi yang kidal, cobalah dengan tangan kanan. Begitu sebaliknya.

- Perhatian

Ubah rutinitas. Ganti rute berangkat dan pulang kerja, atur ulang meja kerja atau ruangan di rumah. Hal itu akan membangunkan otak dari kebiasaan sebelumnya. Anda juga bisa menggabungkan aktivitas mendengarkan buku audio sambil lari santai.

- Bahasa

Kalau Anda terbiasa membaca koran khusus bagian olahraga saja, cobalah membaca artikel bisnis sedikit mendalam. Anda akan mendapat kata-kata baru yang akan lebih mudah dipahami ketika membaca sesuai konteks. Cara ini akan membantu mengembangkan kemampuan bahasa.

- Visual spasial

Coba masuk ke satu ruangan dan pilih lima benda beserta letaknya. Saat ke luar ruangan, ingat kembali kelima benda tersebut dan posisinya. Kalau terlalu mudah, tunggu selama dua jam dan cobalah mengingatnya kembali.

- Fungsi eksekutif

Bermain video games. Selain memerlukan strategi, Anda juga harus bisa menyelesaikan masalah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. (GHS/dee)


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui