Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Olahraga Otak

Kompas.com - 11/03/2011, 13:07 WIB

Kompas.com — Agar lima fungsi kognitif otak utama tetap tajam, lakukan stimulasi berikut seperti disarankan Dr Bernard Croisile, neurologis dari Neurological Hospital of Lyon, Perancis, seperti dikutip situs Happy-neuron ini.

- Ingatan

Dengarkan musik. Tidak hanya menimbulkan rasa senang, dengan memilih lagu yang belum kita kenal lalu mengingat-ingat liriknya, kadar asetilkolin, zat kimia yang membantu membangun otak akan terdongkrak. Kemampuan ingatan juga bakal membaik.

Tantangan lain yang bisa dilakukan adalah mengenakan baju tanpa penerangan atau gunakan tangan yang berbeda saat menggosok gigi. Bagi yang kidal, cobalah dengan tangan kanan. Begitu sebaliknya.

- Perhatian

Ubah rutinitas. Ganti rute berangkat dan pulang kerja, atur ulang meja kerja atau ruangan di rumah. Hal itu akan membangunkan otak dari kebiasaan sebelumnya. Anda juga bisa menggabungkan aktivitas mendengarkan buku audio sambil lari santai.

- Bahasa

Kalau Anda terbiasa membaca koran khusus bagian olahraga saja, cobalah membaca artikel bisnis sedikit mendalam. Anda akan mendapat kata-kata baru yang akan lebih mudah dipahami ketika membaca sesuai konteks. Cara ini akan membantu mengembangkan kemampuan bahasa.

- Visual spasial

Coba masuk ke satu ruangan dan pilih lima benda beserta letaknya. Saat ke luar ruangan, ingat kembali kelima benda tersebut dan posisinya. Kalau terlalu mudah, tunggu selama dua jam dan cobalah mengingatnya kembali.

- Fungsi eksekutif

Bermain video games. Selain memerlukan strategi, Anda juga harus bisa menyelesaikan masalah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. (GHS/dee)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com