Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak-banyaklah Makan Bayam

Kompas.com - 13/03/2011, 04:53 WIB

Teman-teman pernah makan sayur bayam, bukan? Sayur bayam di samping rasanya lezat juga baik untuk kesehatan. Tetapi, kalau salah saat memasak, bisa menjadi makanan beracun.

 

 

Bayam itu bergizi tinggi. Setiap 100 gram bayam mengandung protein 3,5 g, lemak 0,5 g, karbohidrat 6,5 g, kalsium 267 g, besi 3,9 mg, dan serat 0,8 g.

Makanya bayam disebut sebagai ”King of Vegetable”. Ingat film kartun Popeye the Sailor Man?

Popeye selalu makan bayam untuk menambah kekuatan. Kalian ingin sehat dan kuat, bukan? Ayo makan bayam dari sekarang.

 

Bayam adalah sumber protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Asam amino sangat penting untuk pembentukan otak. Kandungan vitamin C dan E sangat membantu menjaga kondisi tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jadi, jika dilihat dari komposisi proteinnya, bayam sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak seusia kita, terutama untuk perkembangan otak dan tubuh.

Jadi, tak ada alasan untuk menolak makan bayam bila kita ingin jadi anak yang sehat. O iya, kita pun sebaiknya tahu cara mengonsumsi bayam agar bermanfaat bagi tubuh. Sebaiknya pilih bayam yang masih segar, tidak terlalu lama disimpan di lemari es, dan langsung dimakan begitu selesai dimasak.

 

Hati-hati Memasak Bayam

Bayam mengandung zat besi, tetapi bila salah dalam memasak, zat-zat yang ada di dalam bayam bisa berubah menjadi zat beracun. Agar terhindar dari racun:

1. Jangan dipanaskan ulang

Bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa ferro (Fe2+) yang baik bagi tubuh. Namun, jika dipanaskan ulang, akan terjadi proses oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi adalah proses pengikatan oksigen. Maka Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+ atau senyawa ferri yang beracun bagi tubuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com