Jumat, 25 April 2014 07:51

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Rahasia Hidup sampai 100 Tahun

Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 15 Maret 2011 | 12:24 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com — Umur manusia memang ditentukan oleh Tuhan. Namun, menurut riset terbaru dari Denmark, mereka yang lahir setelah tahun 2000 punya kesempatan untuk hidup sampai 100 tahun!  Untuk Anda yang lahir sebelum tahun 2000, jangan putus asa karena sebenarnya kita juga bisa menambahkan panjang usia harapan hidup.

Genetik dan kemujuran memang berperan besar dalam panjang pendeknya usia seseorang. Namun, kedua faktor itu tidak bisa dikontrol. "Padahal, masih ada banyak faktor lain yang bisa kita kendalikan. Kuncinya adalah dengan melakukan hidup sehat," kata Walter Bortz II dari Stanford University. Misalnya saja mengurangi stres akan menambah usia hingga 6 tahun atau terbiasa mengasup sayuran dan buah akan menambah usia 5 tahun, dan masih banyak lagi.

Bertambahnya usia memang tidak bisa dihindari. Namun, menurunnya kesehatan bukannya tak bisa dihindari. Wujudkan cita-cita untuk hidup sehat sampai usia lanjut dengan beberapa tips berikut:

1. Liburan berkala

Salah satu cara untuk terlihat lebih muda dari usia sebenarnya adalah dengan menyempatkan diri untuk berlibur. Kegiatan ini akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks sehingga efek buruk stres tidak terjadi. Membiarkan ketegangan berkepanjangan sama saja dengan meletakkan jari Anda pada tombol "maju" pada remote control biologis Anda.

2. Cukup tidur

Tahukah Anda, kurang tidur akan menyebabkan kesempatan sel-sel tubuh untuk memperbaiki diri berkurang. Aturlah waktu tidur 6-7 jam setiap malam. Kebiasaan ini konon akan menambah usia Anda dua tahun lebih panjang.

3. Seks secara teratur

Kegiatan seks yang menyenangkan kedua belah pihak akan membantu tubuh mengeluarkan hormon antistres, oksitosin. Aktivitas seksual juga akan membakar 200 kalori.

4. Buah dan sayur segar

Penelitian yang dilakukan di beberapa tempat yang populasi penduduknya berumur panjang dan dalam keadaan sehat, seperti di Okinawa (Jepang) atau daerah Hunza (Pakistan), menunjukkan bahwa mereka rutin mengonsumsi buah dan sayuran segar. Mereka juga membatasi konsumsi lemak, gula, dan garam.

5. Olahraga

Nasihat ini memang klise, tetapi harus diakui bahwa olahraga terbukti membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Mereka yang terbiasa berolahraga sejak muda akan hidup sampai lanjut usia dengan energi dan gairah hidup luar biasa.

6. Miliki hobi

Pertajam otak Anda dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Beberapa jenis permainan juga terbukti akan mengasah otak. Misalnya bermain catur atau bermain video games Tetris. Penelitian yang dilakukan di Meksiko menunjukkan bahwa bermain Tetris 30 menit setiap hari akan menunda kerusakan otak.

7. Berbuat baik

Berbuat baik janganlah ditunda-tunda. Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang punya kebiasaan berbuat baik kepada sesamanya kebanyakan bisa mencapai usia lebih dari 80 tahun. Penelitian lain menunjukkan, kegiatan sosial akan menyeimbangkan kesehatan fisik dan jiwa.


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui