Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Gemuk Butuh Minum Lebih Banyak

Kompas.com - 18/03/2011, 13:18 WIB

Kompas.com - Dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal, mereka yang tergolong kegemukan ataupun obesitas membutuhkan asupan air dua gelas lebih banyak. Mengapa demikian?

Pada tubuh orang yang obesitas, air tubuh total lebih rendah karena kandungan air di dalam sel lemaknya lebih rendah daripada kandungan air di sel otot. Ini berarti orang yang obesitas lebih mudah mengalami kekurangan air.

Menurut Dr.dr.Saptawati Bardosono, Sp.GK, ahli gizi klinik, orang obesitas juga butuh air lebih banyak untuk meningkatkan pembakaran lemak (oksidasi).

"Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pembakaran lemak butuh senyawa air," papar dokter yang biasa Tati ini di acara media edukasi Peran Air dalam Berbagai Kelompok Usia di Jakarta (18/3/2011).

Kebiasaan mengonsumsi air putih sebelum makan juga efektif untuk memancing rasa kenyang.

"Orang gemuk disarankan minum segelas air sebelum makan supaya lambungnya terisi sehingga asupan makanan bisa dikurangi. Selain itu bila muncul rasa lapar sebelum jam makan, minum air juga bisa menimbulkan rasa kenyang," papar staf pengajar dari Departemen Ilmu Gizi FKUI/RSCM ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com