Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Sambal untuk yang Tak Tahan Pedas

Kompas.com - 18/03/2011, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Sambal, dari penampilannya, sudah sangat menggoda. Mereka yang gemar rasa pedas tak ragu menyantap sambal yang melengkapi hidangan makan. Namun bagaimana dengan orang yang tak terlalu suka atau bahkan tak bisa makan pedas? Saat sambal begitu menggoda namun tak tahan dengan rasa pedasnya, ikuti saja anjuran ini.

* Gulirkan cabai dengan sedikit tenaga di antara kedua telapak tangan agar biji-biji terlepas dari tangkainya.
* Iris halus atau potong-potong cabai menjadi 6-8 bagian.
* Taburkan 1 sdm garam untuk 10 buah cabai, aduk rata dan tekan-tekan dengan sendok supaya rasa pedas dan panas tidak mengenai tangan. Diamkan 10-15 menit.
* Cuci bersih irisan cabai sambil membuang biji-biji yang terlepas. Tiriskan. Haluskan setelah cabai kering dan tak berair.
* Tambahkan rasa manis alami pada sambal dengan menggunakan gula merah dari buah kelapa, aren, atau lontar. Gula palem juga bisa menggantikan gula merah. Sebaiknya hindari gula pasir karena rasa manisnya terlalu menggigit.

Bagi penggemar rasa pedas, sambal memang tak mantap kalau nggak "nendang" pedasnya. Namun Anda yang mengurangi rasa pedas pada makanan juga tetap bisa menikmati sambal dengan selera berbeda.

Sumber: Disarikan dari buku Sambal, Sambal Colek & Saus Cocol, Yasa Boga (Gramedia Pustaka Utama)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com