Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Istri Tak Senang "Foreplay"

Kompas.com - 23/03/2011, 12:42 WIB

TANYA :

Saya seorang pria menikah pada bulan Februari 2005. Saya banyak membaca artikel mengenai seks yang sehat mengenai orgasme. Sayangnya, istri saya sering melakukan penolakan untuk aktivitas foreplay tertentu. Dan juga, istri saya tidak suka melakukan foreplay agak lama dan mau untuk langsung "to the point".

Istri saya juga tidak peduli dengan orgasme. Saya telah berupaya untuk berkomunikasi selama 3 tahun belakangan ini tapi hasilnya tetap sama, yaitu istri tetap menolak dengan alasan hal itu merupakan sesuatu yang tidak pantas dia lakukan. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah ini, karena menurut saya, seks telah menjadi rutinitas belaka yang tidak ada artinya.

M, 31 Tahun, Palopo, Sulawesi Selatan

 

JAWAB : 

Persepsi setiap orang tentang seksualitas tidak selalu sama, bahkan dapat berbeda sama sekali. Jadi dapat dimengerti kalau istri Anda tidak suka melakukan foreplay, sementara orang lain suka sekali.

Ada beberapa faktor yang membuat perbedaan itu. Pertama, pengertian yang kurang atau salah tentang seksualitas khususnya foreplay. Kedua, pengaruh pendidikan, kultur, pendapat agama tentang seks. Ketiga, pengalaman seksual sebelumnya.

Kalau Anda ingin agar istri mau dan senang melakukan foreplay, perhatikan ketiga faktor di atas. Kemudian berdasarkan komunikasi yang telah Anda bina, berikan pengertian tentang seksualitas khususnya foreplay, termasuk manfaatnya bagi kehidupan seksual bersama pasangan.

 

BACA JUGA : Benarkah Susu Sebabkan Kanker?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com