Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Butuh Tidur Lebih Lama

Kompas.com - 24/03/2011, 13:18 WIB

Kompas.com - Waktu tidur bayi dan anak-anak sangat bervariasi. Ketika lahir, bayi membutuhkan lebih banyak tidur. Saat usia bertambah, waktu tidur berkurang sedikit demi sedikit. Berapa lama si kecil perlu tidur?

- Usia 0-3 bulan

Rata-rata jumlah waktu tidur harian beragam, mulai dari 8-18 jam. Di malam hari bayi akan terjaga karena butuh disusui. Selain karena lapar, bayi terjaga karena suhu dalam kamar bisa terlalu dingin atau panas. Untuk itu jaga selalu temperatur nyaman untuk bayi saat mereka tidur.

- 3-6 bulan

Saat usia bayi bertambah, waktu menyusui di malam hari menjadi lebih sedikit dan tidurnya lebih lama. Biasanya mereka tidur sekitar 8 jam atau lebih di malam hari.

- 6-12 bulan

Di usia ini, bayi biasanya sudah tidak bangun di malam hari untuk menyusu. Mereka bisa tidur hingga 12 jam setiap malam. Saat tumbuh gigi atau lapar mereka bisa sering terbangun.

- 12 bulan. Secara total, bayi akan tidur sekitar 12-15 jam.

- Usia 2 tahun.

Di usia 2 tahun kebanyakan bayi tidur 11-12 jam di kala malam dan 1-2 kali tidur siang.

- 3-4 tahun

Kebanyakan balita membutuhkan waktu tidur sekitar 12 jam. Jumlahnya tetap bervariasi dari 8-14 jam. Beberapa balita tetap perlu tidur siang. (GHS/dee)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com