Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Komik Autisme Pertama

Kompas.com - 30/03/2011, 16:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia 2011 yang jatuh pada tanggal 2 April setiap tahunnya, Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) meluncurkan komik autisme pertama di Indonesia yang berjudul Anak Autis Sahabat Kita Semua.

Komik ini berisi penjabaran ilustrasi mengenai autisme dan pola asuh yang tepat untuk diketahui para orangtua dan guru yang mengajar di sekolah anak berkebutuhan khusus.

Menurut pendiri MPATI, Gayatri Pamoedji, saat ini masih banyak informasi yang kurang jelas seputar autisme dan sering kali hal ini membuat banyak keluarga cenderung khawatir dan justru menjauhkan anak dari masyarakat.

"Kami harap komik ini dapat memberi informasi yang mudah dipahami oleh keluarga Indonesia tentang pola asuh yang tepat bagi anak autis agar membantu hidup mereka lebih mandiri," ujar Gayatri di Jakarta, Rabu (30/3/2011).

MPATI sengaja membuat edukasi dalam versi komik agar masyarakat bisa lebih mudah mengerti dan memahami soal tingkah anak-anak yang menyandang autisme. "Komik ini enak dilihat dan lebih gampang dibaca, dan anak-anak pun akan lebih mudah memahaminya," terangnya.

Untuk bisa terus melanjutkan program penyebarluasan informasi autis kepada masyarakat, rencananya pada tahun depan MPATI akan membuat lokakarya bagi para orangtua dan guru. Bukan hanya itu, apabila sudah rampung, MPATI juga berencana membuat versi animasi dengan harapan agar hal ini bisa lebih mudah dipahami.

Komik autisme rencananya akan diterbitkan secara berseri dengan harga Rp 5.000 per buah. Hasil penjualannya akan digunakan untuk mendukung program yang berhubungan dengan kemajuan penyebarluasan informasi mengenai autisme.

"Adanya informasi yang jelas dan dukungan keluarga akan membuka jalan bagi anak penyandang autis untuk hidup mandiri," ungkap Gayatri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com