Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita karena Duduk Terlalu Lama

Kompas.com - 31/03/2011, 09:27 WIB

TANYA : 

Saya adalah seorang karyawan swasta. Pekerjaan saya menuntut saya untuk duduk dalam waktu yang lama. Jika sudah terlalu lama duduk, punggung dan bahu kanan saya selalu sakit. Saya pernah melakukan cek up, hasilnya tulang punggung saya katanya tidak lurus. Apakah hal itu yang menyebabkan saya sering tidak kuat jika duduk terlalu lama? Apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi rasa sakit tersebut? Terima kasih

Tiwi, 23, Malang

 

JAWAB :

Mbak Tiwi yang baik, memang tulang punggung yang tidak lurus atau disebut juga dengan skoliosis dalam kasus anda, bisa dengan cepat menyebabkan kelelahan dan sering sakit.  Hal ini dikarenakan pada saat anda duduk/berdiri terjadi tarikan tarikan otot di sekitar tulang belakang untuk mempertahankan posisi tubuh agar tetap tegak berdiri.

Akan tetapi, dalam kasus anda, dengan tulang belakang yang bengkok maka otot tidak bisa bekerja dengan baik dalam menyangga tubuh anda. Alhasil bisa saja otot  tersebut bekerja melebihi kapasitas dan kemampuannya untuk menopang anda.

Kasus anda sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter bedah tulang, seandainya masih dapat dikoreksi, maka dokter bedah tulang yang akan melakukannya atau dapat pula dikombinasi dengan dokter dari rehabilitasi medik agar dilakukan fisioterapi untuk mengatasi tulang belakang yang bengkok,

Anda akan dilatih posisi tertentu yang bisa menyebabkan rasa sakit berkurang dan mengurangi risiko kelelahan otot serta sangat mungkin anda pun akan diberikan alat bantu  untuk mendukung otot supaya tidak cepat kelelahan atau sakit seperti yang anda rasakan sekarang. Moga - moga jawaban saya dapat membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com