Senin, 6 Juli 2015

Health

Bahaya Anestesi pada Orang Obesitas

Kamis, 31 Maret 2011 | 13:46 WIB

Kompas.com - Pasien obesitas yang mendapatkan anestesi total memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami komplikasi saluran napas dibanding dengan pasien yang tidak obesitas. Risikonya bahkan meningkat sampai empat kali jika pasien sangat obesitas.

Penelitian yang dimuat dalam British Journal of Anaesthesia itu dibuat berdasarkan data pasien Inggris yang mendapatkan bius total antara tahun 2008-2009. Fokus penelitian ini adalah komplikasi berat seperti kerusakan otak, bantuan selang napas yang dimasukkan melalui leher, pasien yang dirawat di ICU, ataupun kematian.

Berdasarkan data tersebut diketahui pasien yang obesitas lebih banyak yang masuk ke unit perawatan intensif (ICU) akibat komplikasi pernapasan. Kendati demikian penggunaan alat monitor pernapasan bisa mengurangi risiko kerusakan otak dan kematian.

"Hasil penelitian ini bisa menjadi informasi mengenai risiko anestesi sehingga para dokter bisa memilih teknik anestesi yang risikonya lebih rendah, seperti bius lokal jika dimungkinan. Selain itu perlu dipersiapkan pula pertolongan pada kesulitan pernapasan saat membius pasien obesitas," kata Dr. Nick Woodall, konsultan anaestesi dari Norwich Hospital, Inggris.

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: