Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aerobik, Cara Fun Membentuk Badan

Kompas.com - 01/04/2011, 11:25 WIB

Kompas.com — Cara paling menyenangkan dan cukup mudah untuk mengolah tubuh bagi pria-wanita, muda maupun tua, tak lain adalah senam aerobik. Iringan musik dan melakukannya di dalam kelompok memberi kita motivasi untuk terus melakukannya.

Senam aerobik atau tarian aerobik mengharuskan kaki-kaki kita melangkah dengan cepat. Itu sebabnya dapat membantu menurunkan berat badan, sama efeknya dengan latihan lain seperti jalan kaki, joging, atau berenang.

Menurut sejumlah penelitian, senam aerobik selama setengah jam dapat membakar kalori sekitar 300-400 kalori. Dan melalui pedometer yang dipasang pada tubuh setiap peserta, menunjukkan hasil bahwa senam aerobik sama seperti olahraga jalan kaki sejauh 5 mil atau sekitar 8 km. Senam aerobik juga membuat tubuh mengeluarkan endorfin, zat kimia alami yang bersifat seperti morfin, yakni mampu meredakan nyeri.

Tak perlu berlama-lama melakukannya karena bersenam 30 menit saja sudah memberi manfaat segudang, asal dilakukan teratur. Bagi pekerja yang menanggung beban kerja berat, senam aerobik cukup ampuh untuk meredakan stres, membuat diri rileks kembali.

Selama berlatih aerobik, kita akan menghirup lebih banyak oksigen sehingga tingkat energi akan meningkat. Metabolisme juga berlangsung lebih baik sehingga suplai oksigen serta gizi ke sistem kardiovaskular serta bagian tubuh lain akan lebih baik.

Bagi yang mengalami gangguan tidur, senam ini bisa membantu kita menikmati istirahat yang lebih berkualitas. Akan lebih baik kalau kita beraerobik di pagi atau siang hari. Jika dilakukan waktu menjelang tidur, kita akan terjaga karena aerobik membuat kita lebih enerjik.

Aerobik juga merupakan ajang gaul yang efektif dan menyenangkan. Bergabung dengan kelas aerobik memungkinkan kita membangun relasi sosial dan mendapat lebih banyak teman.

Agar upaya kita tidak sia-sia, jangan lupa melengkapi senam aerobik ini dengan pola makan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com