Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memilih Sayuran Beku

Kompas.com - 01/04/2011, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Di supermarket, ada berbagai jenis sayuran beku yang bisa dipilih. Supaya kita tidak kebingungan, coba pelajari tip-tip praktis berikut ini:

1. Pilih yang kemasannya longgar, agar dapat digunakan seperlunya saja. Keluarkan bahan yang akan dikonsumsi, lalu simpan sisanya kembali di kantung, dan masukkan ke freezer.

2. Perhatikan tanggal kedaluarsanya. Meski sudah dibekukan, bukan berarti sayur dan buah lantas tidak akan layu dan membusuk. Kita mesti mengetahui sampai kapan batas aman masa pakai sayur dan buah beku.

3. Jangan pilih yang ada lapisan es di dalamnya. Itu berarti, produk itu pernah mencair, lalu dibekukan kembali, yang menandakan proses penyimpanan yang kurang baik. Kualitas produk beku yang sempat mencair biasanya telah menurun dan mungkin berbahaya bagi kesehatan. Karena bakteri di dalamnya mungkin sempat berkembang-biak pada saat makanan beku tersebut mencair.

Ketika dikeluarkan dari freezer sayuran beku akan terpapar dengan udara dan suhu luar. Akibatnya, sayur menjadi lembab dan mencair. Supaya tetap awet, segera keluarkan air yang mencair itu, lalu masukkan kembali ke dalam freezer. Jika dibiarkan beku terlalu lama dalam keadaan basah, kemungkinan sayur langsung membusuk.

4. Perhatikan kandungan kalori, gula, dan garam, yang tertera di label kemasan. Ini jika kita membeli sayur beku siap saji. Hindari makanan dengan kalori yang tinggi, garam berlebihan, atau terlalu manis karena berpotensi menimbulkan masalah kegemukan, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Pilih sayuran yang tidak dicampur dengan saus yang berwarna putih (creamy) untuk menghindari asupan kalori berlebihan.

Olahlah dengan tepat
Memilih produk yang baik belum cukup untuk menjamin keutuhan gizi suatu makanan. Kita juga perlu paham cara mengolahnya. Cara masak yang salah, selain bisa membuat kualitas sayur berkurang, juga dapat menyebabkan vitamin dan mineral hilang.

Jadi, sebaiknya sayuran beku dikukus sebentar saja atau dipanaskan di dalam microwave. Bila bermaksud membuat sayur sup, sayuran bisa langsung dimasukkan ke dalam air mendidih tanpa harus dicairkan dulu. Untuk buah beku, dapat langsung diblender untuk dibuat jus atau smoothies, atau langsung dimasukkan ke dalam campuran es buah.

* Dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK, dokter spesialis gizi klinis dari Rumah Sakit Melinda, Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com