Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2011, 13:52 WIB

Kompas.com - Otak pria dan wanita ternyata memiliki fokus yang berbeda pada hal-hal yang harus diingatnya. Hal ini menyebabkan para pria terlihat lebih gampang pelupa.

Menurut Kathleen Nadeau, Ph.D, otak pria lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat analitik, misalnya skor pertandingan, serta hal-hal yang visual. Sebaliknya dengan perempuan yang ruang penyimpan ingatan di otaknya lebih fokus pada komunikasi verbal dan non verbal. Karena itu para pria sering tidak memperhatikan hal-hal kecil, seperti tempat meletakkan kacamata atau kunci rumah.

Akan tetapi pada usia reproduksi kaum wanita lebih sering mengalami gangguan daya ingat. Misalnya saat menjelang menstruasi, menopause atau perimenopause. Hal ini ternyata berkaitan dengan fluktuasi hormon.

"Penelitian menunjukkan estrogen berpengaruh pada senyawa kimia di otak sehingga berpengaruh pada konsentrasi," kata Nadeu.

Pada masa kehamilan masalahnya lebih rumit lagi karena kadar estrogen dalam tubuh sedang mencapai puncaknya. Selain itu ketika sedang berbadan dua biasanya calon ibu lebih sering dilanda kelelahan. Hal ini bisa memperburuk konsentrasi dan kemampuan memorinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com