Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Pembakaran Lemak dengan Pola Makan

Kompas.com - 02/04/2011, 14:20 WIB

Kompas.com - Tidak semua kalori memiliki sifat yang sama. Beberapa ada yang membutuhkan energi lebih banyak untuk dicerna, namun ada juga yang mudah dicerna. Untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh agar berat badan tak melonjak, ikuti kiat yang diberikan Leslie Bonci, direktur sport nutrisi dan penulis buku The Active Calori Diet.

- Konsumsi protein rendah lemak

Tubuh memerlukan kalori lebih banyak untuk mencerna makanan yang termasuk dalam protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, telur, atau susu rendah lemak.

- Fokus pada serat

Makanan yang kaya serat berada di urutan kedua dalam daftar kalori aktif. Konsumsi sayuran dan buah dengan kulitnya, terutama untuk apel. Sumber serat lainnya dalah sereal dan produk serelia utuh.

- Terus mengunyah

Pilih memakan langsung buah daripada membuatnya menjadi jus siap minum. Mulut adalah bagian pertama dalam sistem pencernaan kita. Untuk membuatnya bekerja lebih keras, kunyahlah makanan Anda dengan perlahan.

- Tambahkan rasa pedas

Bersyukurlah karena makanan Indonesia kebanyakan memiliki cita rasa pedas. Capcaisin, kandungan dalam cabai yang memberi rasa pedas, ternyata efektif membakar 10-20 kalori.

- Teh hijau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com