Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Maag dengan Ikan Mas dan Cumi-cumi

Kompas.com - 05/04/2011, 09:53 WIB

KOMPAS.com Anda yang memiliki sakit maag mungkin biasa mengatasinya dengan minum obat antasida dan mangasida. Namun, ada cara alami untuk meredakan gangguan fungsi lambung itu, yakni dengan ramuan ikan mas atau cumi-cumi.

Gangguan fungsi lambung atau penyakit maag disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung yang mengakibatkan luka. Menurut dr Ellya, MARS, dokter sekaligus herbalis yang berpraktik di Klinik GHS, tingginya kadar asam lambung disebabkan oleh produksi asam yang berlebihan atau penghancuran asam yang lambat.

Tingginya kadar asam lambung ini bisa dipicu oleh adanya kelainan saraf atau infeksi bakteri. Penyakit maag kronis bisa mengakibatkan komplikasi berupa iritasi atau luka pada lambung.

Sri Haryanto SN dari Klinik Holistik Anugrah Agung, Yogyakarta, menambahkan bahwa luka itu dapat muncul di satu atau banyak tempat sekaligus. Luka ini menyebabkan rasa perih sebelum atau sesudah makan.

Biasanya gejala gangguan fungsi lambung berupa feses (tinja) mengeras lantaran pencernaan kurang baik. Bila parah, maka gangguan ini dapat menyebabkan perdarahan sehingga darah atau tinja berwarna hitam. Gejala lainnya, sakit perut yang hebat, kembung, panas, sering bersendawa, nafsu makan berkurang, sering muntah, tubuh lemah, dan terkadang terjadi diare kronis.

Menurut Sri, penyebab maag bisa karena stres berat sehingga lambung menghasilkan asam secara berlebihan. Hal itu bisa juga disebabkan makan tidak teratur atau terlambat makan serta mengonsumsi minuman beralkohol atau berkafein.

Gangguan fungsi lambung, kata dr Ellya, umumnya bersifat sementara. Obat yang dikonsumsi sifatnya menurunkan pH (tingkat keasaman) di dalam lambung. Biasanya dokter akan meresepkan obat antigangguan lambung berupa antasida dan mangasida. Obat ini sifatnya meringankan serangan maag, tidak menghilangkan penyebab gangguan fungsi lambung. Sayangnya, bila dikonsumsi terus-menerus, obat ini dapat memicu timbulnya batu pada saluran kemih.

Ikan mas dan cumi-cumi

Sri menawarkan cara alami mengatasi gangguan lambung dengan bahan dasar cumi-cumi atau ikan mas. Cumi-cumi, katanya, hanya digunakan cangkoknya. Cangkok cumi-cumi dalam pengobatan tradisional China (TCM) disebut ha pian siau.

Lebih lanjut kata Sri, tidak semua cangkok cumi-cumi dapat dipakai. Pilih cangkok yang berwarna putih, jangan yang kekuning-kuningan atau kebiru-biruan. Syarat lain, pakai cangkok yang besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com