Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Nyeri Kepala Tanda Bahaya

Kompas.com - 05/04/2011, 11:52 WIB

Kompas.com - Walaupun Anda pernah mengalami nyeri kepala yang terasa menekan atau berdenyut-denyut, pada umumnya kita tidak perlu mencemaskan nyeri kepala yang sekali-sekali muncul.

Akan tetapi, nyeri kepala hebat yang timbul secara mendadak bisa menjadi sinyal adanya sesuatu yang serius dan butuh pertolongan darurat, misalnya akibat stroke, meningitis atau pembengkakan pembuluh darah (aneurisma). Walaupun kondisi tersebut jarang terjadi, tetapi tak ada salahnya mengetahui tanda-tanda nyeri kepala yang dirasa tidak normal.

Berikut adalah gejala-gejala yang membutuhkan penanganan segera:

- Demam tinggi, kaku kuduk serta kejang. Gejala tersebut bisa menjadi tanda meningitis, infeksi dan meradangnya selaput dan cairan yang mengelilingi otak dan sistem saraf pusat.

Sekitar 70 persen kasus meningitis terjadi pada anak balita, tetapi frekuensi penyakit ini semakin tinggi di kalangan orang berusia 15-24 tahun. Orang lanjut usia juga cenderung semakin banyak yang terserang meningitis.

- Nyeri kepala hebat yang mendadak, diikuti dengan rasa mual, muntah atau gangguan fungsi saraf, seperti kesulitan bicara  atau berjalan, bisa menjadi tanda stroke hemoragik.

- Nyeri kepala hebat yang belum pernah dialami sebelumnya bisa menjadi tanda adanya perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah (aneurisma). Kondisi ini bisa mengancam jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com