Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri Saat Haid, Wajarkah?

Kompas.com - 09/04/2011, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan yang sudah melewati masa puber, sudah pasti akan mengalami apa yang dinamakan datang bulan atau menstruasi. Akibat yang ditimbulkan dari siklus bulanan ini pun berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit ada pula yang tidak.

Lalu, apakah nyeri pada saat menstruasi itu wajar? Menurut Michael Fang, praktisi akupuntur dan traditional chinese medicine, rasa nyeri pada saat haid bukanlah suatu hal yang wajar.

"Sebanyak 80 persen wanita menganggap kalau nyeri ketika mens biasa. Itu tidak boleh terjadi," ujarnya dalam talkshow yang digelar di Tirtayu Healing Center, Jakarta, Sabtu, (9/4/2011).

Menurut Fang, banyak sebab yang mengkibatkan nyeri ketika menstruasi. Salah satunya adalah fungsi organ ginjal dan liver yang tidak bagus, serta pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Terlalu berlebihnya seorang wanita mengkonsumsi cabai, juga ternyata disinyalir menjadi faktor penyebab siklus mens tidak lancar. "Apa kaitannya mens dengan cabai? Ketika pedas itu berlebihan, akan melukai organ liver yang menguasai pelancaran di dalam siklus mens," jelasnya.

Pada seseorang yang siklus mensnya tidak bagus, biasanya muka akan terlihat agak pucat, sakit kepala, dan gampang marah. Sedangkan bagi yang siklus menstruasinya lancar, akan terlihat pancaran kesegaran, dan kulitnya yang indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com