Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Jamur Bang Arby, Murah dan Nikmat

Kompas.com - 10/04/2011, 12:59 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com —  Tak komplet rasanya perjalanan di Kota Kediri, Jawa Timur, jika belum menikmati sajian sate jamur. Terlebih bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kuliner. Salah satu gerai sate jamur yang layak disambangi di Kota Kediri adalah lapak Sate Jamur Bang Arby di area monumen Simpang Lima Gumul (SLG).

Di kawasan yang kini mulai menjadi ikon Kota Kediri tersebut, Anda dapat memanjakan lidah dengan mencicipi sate berbahan dasar jamur tiram. Rasa yang nikmat menjadi semakin enak dengan harga yang ekonomis.

Bagaimana tidak? Setiap satu porsi yang terdiri dari 10 tusuk sate, lengkap dengan bumbu kacang, hanya dibanderol dengan harga Rp 5.000. "Kalau mau tambah lontong, kami juga menyediakan," ujar Arby, pemilik warung Sate Bang Arby, Minggu (10/4/2011).

Ilyas, seorang pengunjung, mengaku heran. Lelaki yang membawa serta istri dan seorang putrinya ini mengatakan, jika diamati sekilas, sate jamur dan sate ayam tidak berbeda. "Lezat, persis seperti sate ayam, baik bentuknya maupun rasanya," ujar warga Pare, Kediri ini.

Sementara Rahman, pengunjung lainnya, mengemukakan,  rasa bumbu kacang pada sate jamur ini berbeda dengan rasa bumbu masakan khas Kediri. "Biasanya bumbu khas Kediri itu manis, tapi ini tidak begitu. Sehingga menurut saya racikannya pas," ujar Rahman.

Sayang, gerai sate jamur Bang Arby tidak buka setiap hari. Lapak ini hanya buka dua kali dalam seminggu, yaitu pada akhir pekan. Arby menggelar dagangannya ala lapak pedagang kaki lima, alias hanya menggunakan gerobak yang di payungi dengan tenda kecil. "Kalau pagi pembelinya kebanyakan dari warga yang habis olahraga, kalau menjelang siang hingga sore, ya, para pelancong." pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com