Kamis, 2 Oktober 2014 13:25
U19 banner dropdown

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Darah Bukan Tanda Perawan

Kamis, 14 April 2011 | 08:46 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

TANYA :

Dok, saya ingin bertanya tentang Virginitas. Apakah keperawanan itu ditandai dengan keluarnya darah pada saat melakukan hubungan seks pertama kali? Apakah ada wanita yang tidak mengeluarkan darah sama sekali pada saat melakukan hubungan seks pertama kalinya, apakah dia bisa dibilang sudah tidak perawan?

Dan apakah seorang wanita yang mengendarai sepeda motor, memakai sepatu berhak tinggi, turun naik tangga itu bisa mempengaruhi hilangnya keperawanan? Terimakasih atas jawabannya.  

Lysandra, 26, Jakata

 

JAWAB :

Istilah perawan dan tidak perawan, ditentukan oleh pernah tidaknya melakukan hubungan seksual. Kalau sudah pernah melakukan hubungan seksual, disebut tidak perawan. Kalau belum pernah disebut perawan.

Perempuan yang pertama kali melakukan hubungan seksual tidak harus mengeluarkan darah. Tergantung apakah pada saat itu dia terangsang cukup atau tidak. Kalau tidak cukup terangsang, apalagi disertai perasaan takut, akan terjadi perdarahan. Tetapi kalau cukup terangsang dan tanpa hambatan psikis, perdarahan tidak akan mengalami perdarahan.

Jadi tidak relevan mengaitkan status keperawanan dengan hilangnya keperawanan dalam arti robeknya selaput perawan. Wanita yang melakukan masturbasi dengan menggunakan alat bantu yang dimasukkan ke vagina akan mengalami robekan vagina.

Tetapi, dia tetap perawan karena belum pernah melakukan hubungan seksual. Mengenai robeknya selaput dara karena mengendarai sepeda motor, menggunakan sepatu berhak tinggi, dan berjalan naik turun tangga, tidak ada laporan ilmiah yang menyatakan itu.


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui