Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gangguan Bipolar

Kompas.com - 15/04/2011, 09:53 WIB

Kompas.com- Aktris Cathrine Zeta Jones (42) membuat pernyataan yang mengejutkan. Juru bicaranya mengatakan bintang The Mask of Zorro ini sedang dalam terapi untuk mengobati gangguan bipolar 2. Sebelumnya Britney Spear dan Charlie Seen juga diduga menderita penyakit yang sama.

Gangguan bipolar merupakan gangguan jiwa yang ditandai oleh perubahan mood, pikiran, energi dan perilaku yang dramatis. Misalnya, dari perasaan senang luar biasa atau uring-uringan menjadi perasaan sedih disertai rasa putus asa.

Gangguan bipolar 1 merupakan penyakit kronis dan sering kambuh dan bersifat episodik-ada periode sakit dan ada periode normal. Kekambuhan dapat dipicu oleh stresor psikososial, misalnya pertengkaran, perceraian, dan kehilangan orang yang dicintai.

Juru bicara Jones, Cece Yorke mengatakan Jones mengalami tekanan selama mendampingi suaminya, Michael Douglas yang menderita kanker.

Dalam pernyataannya, Jones menyebutkan banyak orang yang menderita penyakit tersebut namun tetap mampu memiliki karir yang sukses dan mendampingi keluarganya. Ia juga mengatakan, gangguan bipolar yang diderita oleh 3 persen penduduk AS, memiliki beragam spektrum dan tingkat keparahan.

Gangguan bipolar 2 seperti yang dialami Jones, pada umumnya lebih ringan dibanding bipolar 1. Perempuan lebih banyak yang menderita gangguan ini dibanding laki-laki. Periode kekambuhannya lebih ringan dan ada episode hipomania dan episode depresi mayor.

Gejala berupa hipomania mirip dengan mania namun lebih singkat waktunya, lebih ringan, dan tidak terlalu mencolok. Mania bisa menyebakan pasien hilang kontrol sehingga mampu melakukan perbuatan yang beresiko tanpa memikirkan akibatnya. Misalnya menghambur-hamburkanuang atau ngebut di jalan raya.

Gangguan bipolar yang tidak diatasi akan memperburuk penyakitnya. Sekitar 20-25 persen pasien mengalami episode depresi, mania, hypomania atau gabungan gejala dalam setahun. Sebagian ada yang mengalami satu episode kambuh dalam seminggu, bahkan setiap hari.

"Tragedi dari gangguan bipolar adalah depresi dan sebagian besar hidup kita hilang karena penyakit ini," kata Dr.Martin Evers, psikiatri dari Northern Westchester Hospital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com